XnView : Tool Untuk Menghilangkan Meta Data Pada Gambar

10 Nov 2012

Teknologi kadang bisa mampu membuat orang menjadi merasa malu akan kehadirannya, kadang juga teknologi bisa merasa seseorang menjadi lebih percaya diri terhadapnya. Kenapa kok bisa begitu? Jadi gini ceritanya, kemarin saya habis main kerumah salah satu teman saya yang mempunyai hobby fotografi. Dan pada waktu itu saya kesana rencana mau belajar dan sharing kecil-kecilan mengenai perkembangan web saat ini. Kemudian saya tanya pada rekan saya tersebut; “bro aku kan iseng-iseng bikin web nih, kenapa ya ketika aku pasang gambar loading web nya lama sekali, tapi ketika gambarnya aku lepas loadnya lancar jaya, padahal semua gambar sudah aku resize + compress juga yang awalnya sekitar berukuran 600kb menjadi 50kb tetep saja loadingnya masih lama banget, ada saran?Tanya saya”. Temen saya menjawab; “Ohh gini pulsa internetmu abis kali, kamu pake paket full service apa reguler” (plak). Langsung kemudian gambar yang saya jadikan material di web tersebut saya berikan ke teman saya dan selanjutnya di utak-atik sama dia dan kemudian saya coba pasang kembali di web, dan hasilnya ketika saya membuka halaman web tersebut tak ada lagi gambar yang loadnya ketinggalan semua sudah nampak secara cepat dan lebih jelas. Wow kok bisa gini yaa? (pasang tampang polos dan berharap diajarin)

Lalu kemudian teman saya tersebut cerita (layaknya dosen dalam ruang kelas dan saya sebagai mahasiswa terUnyunya) bagaimana proses gambar yang sudah ke resize dan di compress namun di load pada sebuah halaman website masih saja lama. Jadi ternyata pada sebuah gambar itu tidak hanya ukuran maupun besar pixelnya saja yang perlu kita perhatikan tapi ada beberapa hal lain diluar itu yang sepertinya tidak begitu perlu untuk disampaikan pada halaman-halaman website yang sekiranya membutuhkan akses cepat (web online store, corpoorate, web company, web school) agar informasi pada halaman tersebut bisa segera dibaca oleh pengunjungnya lebih nyaman. Karena kalau kita pernah mengunjungi sebuah situs atau web yang loadingnya lama banget pasti akan segera buru-buru pamit. Ya kann? :D (Kecuali kalau jejaring sosial, ditungguin sampai berganti haripun kayaknya bersedia saja :p ) Jadi kata teman saya tersebut bilang kalau dalam sebuah gambar atau objek foto itu ada sebuah informasi yang menyampaikan kapan objek foto itu diambil, dengan menggunakan kamera jenis apa pada waktu pengambilan gambar tersebut, atau informasi lainnya yang terkait tentang gambar itu. Nah ternyata informasi tersebut sebenarnya yang membuat sebuah objek gambar menjadi berat untuk dibaca pada sebuah halaman website.

Misalnya nih kalau kita mau ngunjungin web/blog yang sangat terkenal contohnya http://vahrur.blogdetik.com (berasa artis tahun 90-an, baru lahir dong berarti) terus koneksi udah lelet ditambah dengan kebanyakan gambar alay yang gak jelas di blog tersebut, otomatis kita sebagai pengunjung pasti akan merasa gak sabar untuk segera menutup halamannya. Nah, pastinya ini juga gak diingankan sama rekan-rekan blogger yang lainnya kan?. Jadi waktu itu saya dikenalin sama salah satu tools yang sering digunakan sama teman saya untuk menghilangkan informasi meta data pada objek gambar atau foto tersebut nama tool nya adalah XnView (ini bisa rekan blogger dapatkan di google banyak tuh tinggal download install dan jalankan). Lalu cara menggunakannya gimana? Jadi gini,

1. Buka tools XnView terlebih dahulu (jangan lupa sebelumnya harus di download dulu yaa, mau ngopy ke saya juga boleh :D )
2. Nanti kemudian akan muncul interface nya, dan selanjutnya pilih gambar yang ingin dihapus meta datanya, Misal seperti gambar dibawah ini

3. Selanjutnya double klik pada objek gambar yang sudah rekan blogger seleksi.
4. Setelah itu klik File>Save As> dan akan muncul kotak dialog seperti ini

5. Pilih Option dibagian paling bawah dari kotak dialog yang muncul, lihat gambar diatas
6. Nanti akan disuguhkan beberapa pilihan, yang harus rekan blogger lakukan pada kotak dialog ini adalah ceklist pilhan progressive dan pilihan lainnya yang sudah ada seleksinya di un-check semua. Karena itu fungsinya untuk menghilangkan meta data pada objek gambar. Sedangkan progressive ini yang akan memunculkan gambar lebih cepat dengan proses load gambar yang awalnya gelap menjadi lebih terang.

Sebelum

Sesudah

7. Nah, selanjutnya tinggal save dan bandingkan hasilnya dengan gambar yang sebelumnya

Perlu diingat ketika rekan blogger menghilangkan meta data tersebut kualitas gambar tidak akan terpengaruh misalnya jadi nge-blur ataupun jadi kelihatan gambar diambil dengan kamera cif atau kualitas gambar menjadi jelek. Semuanya masih seperti sama pada gambar awalnya, yang kita hilangkan cuma data-data informasinya saja bukan mengurangi kualitas gambar.

Lalu balik lagi ke kalimat diparagraf pertama apa yang membuat saya menjadi malu, karena si teman saya bilang “kamu ini sekolah IT tapi gak ngerti soal beginian, saya aja yang gak sekolah IT tahu hal-hal kecil kayak gini kok” Yahh maklum bro, kuliah sekarang kan ngunggulin sertifikasinya, katanya biar kelihatan keren kalau kerja di perusahaan gitu #eh.

Salam @Coffeedarat

Only Just For Share What About You


TAGS teknologi aplikasi xnview meta data


-

Follow Me

Kolom Komunitas