Edu Hostels : Penginapan Jogja Murah dan Nyaman

21 Nov 2012

Postingan ini sudah seharusnya saya tulis sebulan yang lalu, tepat pada event Nasional Bootcamp yang ke 13 di Jogja awal bulan Oktober kemarin. Karena ada saudara saya yang mau berangkat ke jogja dan meminta saya untuk mereferensikan tempat penginapan di Jogja, jadi mengingatkan saya untuk mengenalkan Edu Hostels kepada saudara saya tersebut. Sekalian sambil refresh mengenai tempat ini dan siapa tahu rekan-rekan semua juga akan membutuhkan tempat penginapan di Jogja.

Kali ini saya akan sedikit mereview mengenai penginapan di jogja yang diberi nama Edu Hostels. Dari namanya yang mirip-mirip hotel ini konsepnya berbeda dengan hotel. Jika hotel menyewakan kamar namun kalau hostel sendiri menyewakan kasur. Seperti apa sih isi dari EDU Hostels yang pertama kali ada di Jogja ini? Kita tengok yuk apa saja yang ada dalam EDU Hostels ini.

Konsep

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas konsep Edu Hostels ini adalah sewa kasur, bukan sewa kamar, jadi nantinya ketika rekan-rekan akan menginap disini, siapin kartu nama saja karena pasti banyak orang yang tidak Anda kenali tidur satu kamar dengan Anda :D.

Harga

Untuk tarif / harga per-malamnya yaitu juga dihitung berdasarkan sewa kasurnya. Jadi per-malam dan per-kasur tarifnya Rp 70,000,-

Lobby

Untuk lobby sendiri halamannya cukup luas, dan sama seperti pada hotel-hotel pada umumnya yang menyediakan ruang tunggu. Selain itu ada beberapa PC komputer yang sudah terhubung oleh koneksi internet.

Kamar

Jumlah pastinya saya sendiri kurang tahu, namun yang jelas dalam satu kamar yang pada saat itu saya tempati ada 3 tempat tidur yang berbentuk tingkat sehingga totalnya ada 6 kasur (untuk 6 orang). Fasilitas AC, dan juga kamar mandi dengan sekat. Namun sayang ketika berada didalam kamar akses WiFi belum tersedia

Halaman Parkir

Untuk halaman parkir sendiri tidak cukup luas dan apabila kesana dengan menggunakan transportasi seperti bis kemungkinan tidak bisa parkir pada lokasi penginapan. Namun beberapa meter dari lokasi penginapan terdapat lapangan parkir yang sangat luas milik Pemkot, katanya sih bekas stasiun Ngabean. Ini bisa dimanfaatkan untuk parkir kendaraan seperti bis dan sejenisnya atau jika lokasi parkir hotel penuh.

Tempat Makan

Menurut saya yang menarik dari penginapan ini adalah tempat makannya, karena selain bisa menikmati suasana di pagi hari ketika sedang breakfast, tempat makan di EDU Hostels ini di lengkapi dengan sebuah ruang santai yang lokasinya berada di teras atap bangunan ini. Cocok juga untuk dijadikan tempat ngopi bareng di malam hari.

Kolam Renang

Selama 2 hari saya menginap disana tidak menjumpai sebuah kolam renang seperti kebanyakan fasilitas hotel pada umumnya. Namun saya menemukan sebuah kolam celup yang ada disekeliling teras atap, yaitu tepatnya berada dalam satu lantai dengan lokasi tempat makan. Kolam yang berbentuk memanjang ini memang tidak dugunakan untuk mandi seperti kolam pada umumnya, melainkan hanya digunakan untuk mencelupkan kaki saja.

Lokasi

Untuk lokasi dari EDU Hostels ini berada di Jalan Let. Jen Suprapto No 17 Ngampilan, Yogyakarta. Kode pos 55261 Indonesia.

Kesimpulan

Dari beberapa hasil review diatas dapat disimpulkan bahwa EDU Hostels yang mengusung konsep sewa kasur ini mungkin cukup mengurangi tingkat privacy seseorang. Dimana dalam satu kamar harus rela berbagi ruangan untuk penggunaan fasilitas yang ada didalam kamar seperti AC dan juga kamar mandi dengan pengunjung lainnya.

Bisa dikatakan EDU Hostels ini tempat penginapan yang sangat cocok untuk kegiatan Backpacker-an bagi yang suka jalan-jalan. Selain bisa menghemat budget, lokasi penginapan ini berada di jalan yang cukup strategis, jika ditempuh dari malioboro sekitar 10 menit perjalanan menggunakan mobil dengan kondisi lalu lintas lancar (mungkin bisa lebih cepat lagi jika menggunakan sepeda motor).

Meski belum tersedianya fasilitas WiFi, namun pengunjung bisa memanfaatkan internet pada lobby hostels yang sudah tersedia. Suasana santai juga bisa dirasakan ketika berada di teras atap bangunan yang cukup luas untuk dijadikan tempat ngobrol dan melepaskan penat.

Oke, itulah beberapa review mengenai tempat penginapan cukup murah yang ada di jogja. Mungkin fasilitas penginapan semacam ini sepertinya masih cukup jarang kita temukan di kota-kota lainnya, jika sewaktu-waktu rekan pemabaca maupun rekan blogger berkunjung ke Jogja dan membutuhkan tempat penginapan, EDU Hostels ini bisa dijadikan salah satu referensi penginapan. Bagaimana apakah berminat?

Info selengkapnya : www.eduhostels.com

Salam @Coffeedarat



TAGS jogja hostels edu hostels nasional bootcamp travel trip backpacker


-

Follow Me

Kolom Komunitas