Wisata Alam Agro Temu Kencono

26 Dec 2012

Weekend adalah waktu yang tepat untuk menikmati aktivitas berlibur, melepaskan segala rutinitas kesibukan sehari-hari guna untuk merefreshkan pikiran dari berbagai pekerjaan yang kita lakukan sehari-harinya. Kala itu saya dan teman-teman dotsemarang yang pada siang itu diwakili oleh Asmari, Bachtera, Ismi, Amar, Rossy dan Oliph (kekasih Rossy), mendapatkan sebuah kesempatan untuk berlibur disebuah wisata alam didaerah Gunung pati Semarang yang bernama Wisata Agro Temu Kencono, tepatnya berada di Jl. Mr. Koesbiyono Tjondro Wibowo, Sumur Jurang, Gunung Pati.

Dilihat dari namanya Sumur jurang, ini benar terbukti ketika kami setibanya dilokasi. Pada saat itu kami yang menggunakan kendaraan roda dua memegang kendali gas sekencang-kencangnya karena menjumpai sebuah tanjakan ketika tanjakan usai langsung dilanjutkan dengan turunan yang tak disangka-sangka di awal turunan itu adalah lokasi wisatanya, cukup membuat kaget bagi kami yang belum pernah mengunjungi lokasi tersebut karena harus tiba-tiba berhenti di sebuah turunan jalan yang berbukit, Pesan : Jika dari arah sampangan hati-hati bagi yang mau berkunjung kesana pastikan dibelakang Anda tidak ada kendaraan lain biar nantinya tidak dikira kita mengerem mendadak :D

Tiba disana sekitar pukul 10 pagi, perjalanan kami tempuh kurang lebih sekitar setengah jam dari kantor dotsemarang. Apa yang kami lakukan ketika sampai dilokasi? Tentunya ini pengalaman saya pribadi untuk melihat wisata alam di semarang, diperlihatkan sebuah suasana yang penuh dengan pohon-pohon besar dan berbuah durian itu. Ya iniliah yang namanya Wisata Alam Agro Temu Kencono. Benar-benar suasana yang penuh dengan alam, wisata alam ini lebih mudah disebut sebagai wisata kebun durian, mengapa? karena hampir semuanya dilokasi ini berdiri berbagai macam jenis pohon durian seperti gemblong, Sunan, Sukun, Manuk, Petik, Mrico dan lain sebagainya.

Ada apa saja di Wisata Agro Temu Kencono?

Meskipun didominasi penuh oleh banyaknya pohon durian namun di Wisata Alam Agro Temu Kencono ini tidak hanya durian saja yang saya jumpai. Berbagai macam venue alam tersedia disini, diantaranya ada ternak ayam, nah kok wisata kebun durian dicampur dengan ayam, tenang saja untuk tempat ternak ayamnya jauh dari lokasi dimana kita nantinya akan menyantap duriannya kok J. Selain itu ada kolam bibit ikan yang akan dipersiapkan nantinya untuk kolam pemancingan yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Musholla, ya hampir disemua lokasi wisata pasti menyediakannya, dan beberapa bangunan lainnya untuk sekedar dijadikan tempat beristirahat sambil menikmati durian.

Sudah, itu saja?

Eits, masih ada lagi, disini pengunjung juga akan diberi wawasan edukasi seputar tanaman kesehatan. Berbagai macam tanaman kesehatan atau tanaman obat ini sangat menarik bagi saya tentunya. Karena selain menambah pengetahuan bagi para pengunjung tanaman obat ini memang dibangun dan ditata sedemikian rupa oleh pemiliknya agar wisata alam ini menjadi sebuah wahana alam yang benar-benar terbebas dari segala kondisi lingkungan yang sudah mulai rusak dan punah sekarang ini. Namun di Wisata Agro Temu Kencono ini tengah melestarikan kembali berbagai macam tanaman obat tersebut dan mengumpulkannya menjadi satu.

Tunggu dulu masih ada lagi, selain makan durian dan melihat tanaman obat, disini pengunjung juga nantinya bisa melakukan berbagai macam aktivitas outbond alam, karena disini tidak ada wahana outbondnya, pengunjung bisa melakukan aktivitas outbondnya sendiri. Lingkungan yang begitu ramah dan alamiah membuat sekelompok rombongan pengunjung yang pada saat itu juga sedang melakukan aktivitas outbondnya.

Sekitar 1 jam kami diajak keliling disekitaran Wisata Alam Agro Temu Kencono oleh 2 orang cantik yang menjelaskan tentang lokasi tersebut, membuat kami merasa kelelahan dan tentunya waktu siang hari yang sudah membuat perut kami bersuara, itu pertanda bahwa kami sudah lapar hehe. Dan kebetulan kami dijamu oleh pemiliknya dengan menu makan siang yang benar-benar sesuai dengan alamnya.

Berkunjung di sebuah wisata yang penuh durian sepertinya kurag afdhol juga jika kami tidak mencicipi buah durian yang langsung dipetik dari pohonnya. Wah benar-benar siang itu weekend kami begitu terasa sangat seru, sudah berwisata dialam, makan dengan suasana alam, memetik buah durian langsung dari pohonnya, sepertinya sobat blogger dan pembaca perlu mecobanya nih wisata alam disini.

Sambil menikmati durian, sang owner datang menghampiri kami dan siang itu kami bercengkrama dengan beliau. Pak Wisnu namanya, selain sebagai owner beliau juga ternyata seorang chef. Obrolan ngalor ngidul serta sedikit humoran dan penjelasan mengenai durian dari pak Wisnu membuat obrolan kami dengan beliau menjadi semakin terasa hangat saja.

eh, ada yang lagi metik petai :D

Oke, waktu tak terasa membuat kami sudah begitu merasa kelelahan dengan segala aktivitas yang sudah kami lakukan di Wisata Alam Agro Temu Kencono. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan datang saja kesini, dijamin Anda akan dibuat mabuk durian :D

Info Wisata :
Wisata Alam Agro Temu Kencono
Alamat : Jl. Mr. Koesbiyono Tjondro Wibowo, Sumur Jurang, Gunung Pati. Semarang.
No. Telp : 024 76917213


TAGS wisata semarang wisata alam semarang dotsemarang ots visit jateng 2013


-

Follow Me

Kolom Komunitas