Motor Baru di Awal Tahun, Honda CB150R Streetfire

26 Dec 2013

Gimana perasaan kalian jika mempunyai motor baru, apalagi kalau yang terbaru. Jangan ditanya, seneng sudah pasti. Tapi kalau pribadi saya sendiri masih punya motor normal, irit, dan sehat sudah Alhamdulillah banget. Apalagi fasilitas dari orang tua, gimana dengan kaliannnn . . . :D

Nah, akhir-akhir ini saya sering sekali melihat iklan diberbagai media, terutama di media televisi ataupun di media internet. Banyak sekali yang menayangkan berbagai macam jenis periklanan mulai dari iklan berbau politik sampai dengan racun serangga. Sampai saya dan mungkin juga beberapa penikmat layar kaca lainnya hampir tiap hari merasa bosan dibuatnya. Yah, meskipun gak semuanya tayangan iklan jelek sih. Untungnya, ada beberapa yang cukup unik cara beriklannya, bahkan ada pula yang mengedukasi. Semuanya kembali kepada diri kita masing-masing :)

Kalau dilihat dari sisi edukasi, saya mau mengambil salah satu contoh tayangan iklan yang menurut saya bisa mengedukasi konsumen. Sebagai contoh, motor Honda CB150R Streetfire. Produk baru dari Honda ini memiliki beberapa teknologi yang mungkin orang awam belum cukup mengerti secara detail ada apa saja teknologi yang tersemat pada motor ini. Karena seperti yang kita tahu, iklan-iklan di media selalu menayangkan tayangan iklan yang cukup singkat dan saya yakin tidak detail. Yah, kita tahulah pasang iklan biayanya lumayan mahal, semakin lama durasinya semakin mahal pula biayanya.

Nah, untuk itulah mengapa media internet begitu keren, sumber informasi bisa kita gali sebanyak mungkin didalamnya. Melalui tulisan yang saya buat di blog ini, semoga bisa mewakili pembaca untuk dijadikan sebagai bahan referensi bagi yang sedang mencari kendaraan motor baru diawal tahun.

Sekilas tentang Honda CB150R Streetfire

Ingatkah rekan pembaca dengan motor dibawah ini?

Gambar Ilustrasi

Honda CB 100 keluaran sekitar tahun 1970-an. yah, sangat keren banget dikala itu. Namun sampai saat inipun motor tersebut masih banyak diminati oleh sebagian besar pecinta motor classic maupun komunitas motor.

Kali ini saya tidak mengulas motor CB 100 tersebut, akan tetapi yang akan saya bahas disini adalah keluaran motor terbaru dari Honda (yah meskipun peluncurannya sudah lebih dari satu tahun yang lalu sih). Yakni, Honda CB150R Streetfire. Menurut saya, ini mungkin pengembangan dari Honda CB 100 seperti yang ada pada gambar diatas dengan Honda CBR dari berbagai macam typenya.

Honda CB150R Streetfire. Sekilas memang terlihat ada perubahan nama yang sangat mencolok dari keluaran-keluaran sebelumnya. Terlebih lagi ada penambahan kata Streetfire. Streetfire, menurut saya mungkin artinya membakar jalanan atau jalan yang terbakar, atau mungkin semangat yang membara dijalanan hehe. Entahlah, apapun artinya pasti baik :D.

Bagi yang suka touring dengan kendaraan bermotor tentu ingin menikmati perjalanannya dengan kendaraan yang nyaman, enak tunggangannya, tidak sering mogok, dan pastinya irit. Mungkin itulah alasan mengapa Honda meluncurkan produk terbarunya Honda CB150R Streetfire ini. Nantinya harapan mereka bagi pengendara motor yang suka melakukan perjalanan jarak jauh ataupun traveling bisa menikmati ketangguhannya disepanjang jalanan tanpa ada rasa lelah selama mengendarai kendaraan ini. Yah, itu sedikit analisa saya mengenai kata Streetfire, kali aja bener hehe…

Gambar Ilustrasi

Kalau mengutip dari situs resminya di http://www.welovehonda.com/cb150rstreetfire, menyatakan bahwa motor tangguh ini memiliki performa tertinggi dikelasnya, serta dilengkapi berbagai fitur canggih hasil inovasi teknologi terkini.

Dengan menggunakan mesin CBR 150R: 150cc, 4-Langkah, DOHC, 4-katup, 6-Kecepatan, berpendingin cairan dan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

Sejatinya, saya sendiri kurang begitu mengerti soal motor dan berbagai macam teknologi motor yang terus berkembang saat ini. Untuk itu biar saya dan rekan pembaca yang mungkin saja belum pernah tahu sebelumnya, bisa belajar bersama melalui tulisan di blog saya ini :D

Dibawah ini akan saya coba ulas mengenai teknologi Honda CB150R Streetfire lebih detail lagi. Yuk simak…

Feature Isitimewa dari Honda CB150R Streetfire:

Mesin Motor

Dilihat dari segi mesin Honda CB150R Streetfire ini memiliki spesifikasi, mesin 150cc, 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, 6-Kecepatan berbasis CBR 150R yang legendaris dipadukan dengan teknologi PGM-FI. Dari berbagai macam fitur tersebut, hingga akhirnya Honda bisa menghasilkan berbagai macam manfaat yang pastinya dibutuhkan oleh semua konsumen, seperti: Performa mesin yang cukup melimpah, akselerasi yang responsif, hemat bahan bakar, dan tentunya ramah lingkungan pastinya. Ini bisa ditunjukkan dengan teknologi PGM-FI dari Honda tersebut, jika belum tahu apa itu teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) adalah nama yang diberikan Honda untuk sistem penginjeksian bahan bakar yang di kontrol secara elektronik. Sistem PGM-FI ini mensuplai bahan bakar ke mesin melalui rangkaian injector bahan bakar yang di control oleh Engine Control Module (ECM). Tipe sistem ini mengontrol suplai bahan bakar lebih teliti daripada yang menggunakan sistem karburator.

Rangka Motor

Menggunakan desain baru rangka tipe Truss Frame/trellis yang inovatif, dirancang khusus untuk menunjang mesin dan memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-link sehingga menghasilkan kestabilan, kelincahan serta kenyamanan berkendara. Sedikit informasi tambahan, rangka trellis ini merupakan rangka yang sering digunakan pada motor-motor Italia seperti Ducati dan MV Agusta. Lalu mengapa alasan Honda memilih rangka trellis ini? Analisa saya, selain memberi kesan sporty, frame dapat berdiri terpisah sebagai bagian dari styling motor. Dan manfaat yang dihasilkan dari rangka trellis ini, handling menjadi lebih tajam / sporty dan sepeda motor dapat dibuat lebih ringan bobotnya.

Pastinya dengan pengembangan dari Honda yang semakin Advance banget menurut saya ini, bisa sangat menarik konsumen lain yang belum pernah mencoba merasakan motor canggih dari Honda ini. Dan tentunya bagi konsumen Honda sendiri semakin loyal terhadap brand yang tahun ini meraih penghargaan WOMM (Word Of Mouth Marketing) 2013 dari lembaga riset Onbee Marketing Research dan Majalah SWA.

Temperatur Mesin Tetap Terjaga

Radiator canggih kipas elektrik otomatis yang menjaga temperatur tetap konsisten diseluruh bagian mesin, sehingga menghasilkan tenaga ekstra, efisiensi dan menjaga mesin tetap awet. Jadi jangan khawatir kalau setelah pemakaian motor ini terlalu lama akan timbul panas yang berlebih.

Panas motor itu wajar, yang tak wajar itu kalau pas bocengan sama pasangan kemudian berantem diatas motor jadi mengakibatkan seluruh motor beserta penumpangnya panas semua #salahfokus.

Sistem Suspensi yang Canggih

Sistem suspensi Pro-link layaknya Honda CBR 250R memungkinkan guncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja yang lebih progresif dan memiliki kemampuan tinggi dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan.

Dari berbagai sumber informasi yang saya dapat. Sistem suspensi Pro-link ini bisa membantu mengurangi kerja keras shockbreaker dan mempertahankan traksi roda belakang di berbagai kondisi jalan, sehingga meningkatkan kestabilan dan kenyamanan berkendara.

e4b711e81715c6661fe28410d4ea8016_motor

Foto Ilustrasi by otomotif.news.viva.co.id

Beberapa fitur diatas mungkin sepertinya masih belum bisa membuat sebagian pembaca merasa cukup puas akan performa dari Honda CB150R Streetfire ini. Mungkin yang paling sering ditanyakan adalah mengenai jarak tempuh. Ini berkaitan dengan penggunaan bahan bakar. Kabarnya 1 liter ini bisa digunakan sampai dengan jarak tempuh sejauh 35 km. Kuota tangki bisa menampung sebanyak 12 liter. Jadi silahkan diperkirakan sendiri jika melakukan jarak tempuh yang lumayan jauh. (35 km bukan jarak yang sebenarnya, ini bisa jadi lebih, ataupun kurang. Tentunya ini perhitungan dalam perjalanan normal, diluar macet, jalanan yang terjal, dan juga cara mengemudikan motor).

Kesimpulan

Dilihat dari bentuk body motor, serta review singkat mesin hingga rangka, bisa disimpulkan Honda CB150R Streetfire ini cocok jika dipergunakan untuk perjalanan jauh, tetap nyaman jika melewati jalanan yang tak rata dengan dukungan suspensi Pro-link, serta mesin tak cepat panas dengan adanya radiator canggih dengan kipas elektrik, akselerasi yang cukup responsif membuat tarikan motor jauh lebih meningkat.

Seperti yang kita tahu hampir di semua produk Honda mengunggulkan hemat bahan bakar. Dan pada Honda CB150R Streetfire didukung dengan teknologi injeksi PGM-FI, ini tidak hanya bisa hemat bahan bakar alias irit, tapi juga sangat ramah lingkungan.

CB 150R Streetfire Hitam

Honda CB150R Streetfire Hitam

Honda CB 150R Streetfire Merah

Honda CB150R Streetfire Merah

Honda CB 150R Streetfire Putih Merah

Honda CB150R Streetfire Putih Merah

Honda CB 150R Streetfire Putih Biru

Honda CB150R Streetfire Putih Biru

Jadi menyambut tahun baru yang akan segera tiba, akankah rekan-rekan pembaca berencana membeli motor baru? :))

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh Blogdetik dan juga PT Astra Honda Motor. untuk info lebih lanjut silahkan klik pada gambar banner dibawah ini

Sumber Referensi :
http://www.welovehonda.com/cb150rstreetfire

Sumber Gambar:
http://www.google.com
http://www.welovehonda.com/cb150rstreetfire
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/374299-ini-spesifikasi-lengkap-honda-cb150r-streetfire


TAGS


-

Follow Me

Kolom Komunitas