Transaksi Online Sehat Bagian dari Penggunaan Internet yang Sehat

28 Nov 2014

Ada kabar menarik dari New York yang akan merubah telepon umum menjadi titik hotspot berkecepatan tinggi. Kabarnya 10.000 titik akan tersebar di seluruh ibukota Amerika Serikat ini. Selain kabar dari New York tentang hotspotnya. Masih di Negara yang sama, kabarnya di Amerika Serikat juga mempunyai program di mana orang-orang bisa merayakan belanja secara besar-besaran pada sejumlah produk elektronik baik smartphone, televisi ataupun komputer dengan fasilitas diskon sampai dengan 80%, baik melalui toko online maupun offline. Mereka menyebutnya Black Friday. Hemm… menarik ya..

Eitss…tunggu dulu. Di Indonesiapun juga tak mau kalah untuk memberikan kabar baik bagi kita. idEA (Indonesia Ecommerce Asociation) menginisiasi sebuah event dimana menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama pengguna internet untuk melakukan belanja secara online dengan diskon hingga 90%, cashback sampai dengan 50%, voucher belanja dan lain-lain. Semua itu didapatkan ketika kita melakukan belanja online pada beberapa situs jual beli online yang sudah tergabung dengan idEA. Yang berburu diskonan siap-siap ngikutin Festival Belanja Online 2014 ini mulai tanggal 25 November - 5 Desember 2014. Gimana… gak kalah kerenn kan?

Oke itu diatas beberapa kabar baiknya. Selain beberapa kabar baik ada pula kabar yang kurang baik. Jadi, kabarnya, Kimberly Rider sekarang lagi pacaran sama Aaron Ashab *peluk galon*. hahaha

Yang benar adalah kabarnya kalau sekarang penetrasi pengguna internet khususnya yang suka belanja online sudah meningkat tajam. Sesuai prediksi nanti, nilai transaksi ecommerce di Indonesia tahun 2015 akan naik mencapai 95 triliun. Seperti catatan Menkominfo bahwa tahun kemarin transaksi ecommerce yang sudah terjadi di tahun 2013 totalnya mencapai 130 triliun. Ya..ini adalah kabar baik, memang tak ada kabar buruk. Kabar buruknya ya itu tadi tentang Kimberly hihihi.

Dulunya Jakarta sekarang Merata

Pada tahun 2012 lalu salah satu perusahaan ecommerce mencatat bahwa 41% konsumennya berasal dari Jakarta. Namun sekarang, angka tersebut sudah turun menjadi 22%. Itu berarti daerah-daerah selain Jakarta sudah menyambut baik dengan perkembangan bisnis ecommerce ini. Kalau saya melihat kenapa orang-orang Jakarta suka melakukan belanja online, ya karena secara kemudahannya untuk mendapatkan barang yang diinginkannya. Tak perlu lagi mendatangi mall secara langsung demi ‘menikmati’ suasana panas dan macetnya Ibukota.

Berbagai macam situs belanja online sudah mulai berkembang di Indonesia sekarang ini. Sistem yang meminimalisir adanya kasus penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab terus ditingkatkan dan diperbaiki oleh beberapa perusahaan ecommerce yang ada di Indonesia demi memberi kenyamanan bagi pengguna.

Transaksi ecommerce juga harus sehat

ICT Watch adalah salah satu lembaga yang gencar mensosialisasikan kepada pengguna internet agar lebih bijak dalam menggunakan internet. Gerakan internet sehat yang telah di lakukan pihak ICT Watch mampu memberikan dampak positif bagi kita semua. Terus memberikan arahan kepada masyarakat tentang seberapa besar manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan internet. Tidak hanya di kota, sampai pelosok desapun masyarakat perlahan-lahan sudah dikenalkan dengan yang namanya internet. Tujuannya apa? Tentu saja agar masyarakat bisa jauh lebih cepat dalam mengakses informasi. Sebagaimana yang dilakukan oleh Internet sehat yang mengedukasi kepada masyarakat cara penggunaan internet yang baik, begitu pula dengan apa yang saya dan teman-teman Internet Club lakukan. Dimana kita terus mengenalkan, memasyarakatkan, serta mensosialisasikan internet ke beberapa sekolah. Baik kepada murid maupun Guru-guru di instansi tersebut.

Adanya kegiatan internet sehat dikarenakan mungkin waktu itu situs-situs negatif tengah membanjiri konten digital. Sekarang ini, mungkin masih tetap ada dan bahkan semakin banyak. Namun pemerintah juga telah berupaya untuk terus melakukan filtering terhadap situs-situs negatif tersebut, dan secara perlahan-lahan pemerintah juga sudah mulai mengarahkan masyarakat kepada sebuah kegiatan yang lebih bermanfaat dalam penggunaan internet itu sendiri.

Ya saat ini sepertinya pemerintah mulai serius menggarap pertumbuhan ecommerce di Indonesia. Dengan memanfaatkan internet sebagai media alterntif untuk membuka peluang bisnis, tentunya masyarakat akan lebih jauh merasakan manfaatnya ketika menggunakan internet.

Menciptakan budaya jual beli online yang sehat

Banyaknya situs ecommerce yang ada di Indonesia saat ini, sepertinya sudah jauh lebih baik perkembangannya dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya yang kebanyakan masyarakat malah jadi takut dan traumatis untuk melakukan belanja secara online. Sering adanya kasus penipuan jual beli online membuat para startup berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah sistem yang nantinya bisa membuat user konsumen di internet merasa aman dan nyaman ketika bertransaksi secara online. Ini terbukti dengan data yang sudah disebutkan diatas yang mana semakin kesini pertumbuhan ecommerce semakin bagus. Di samping itu idEA sendiri terus mengkampanyekan budaya belanja online melalui event Festival Belanja Online 2014 kepada masyarakat agar tak perlu ragu lagi untuk melakukan transaksi secara online.

Merubah cara pandang masyarakat yang awalnya memanfaatkan teknologi internet hanya untuk sekedar mendapatkan informasi dan berkomunikasi. Sekarang ini bisa ditambahkan dengan mengembangkan bisnis melalui teknologi internet itu sendiri. Hal-hal yang mendukung agar percepatan bisnis onlinenya bisa semakin cepat berkembang ya tentu kita harus melakukan banyak hal. Salah satunya dengan terus menyebarkan konten positif kepada sejumlah pengguna internet, khususnya di Tanah Air.




TAGS bisnis online internet sehat situs ecommerce jual beli online


-

Follow Me

Kolom Komunitas