Apa Manfaatnya Memiliki Domain .id dengan Nama Sendiri?

17 Dec 2014

Ada salah satu perusahaan penyedia jasa domain dan hosting di Indonesia yang belakangan ini sering banget mempromosikan domain ID ke beberapa pengguna internet, khususnya bagi para blogger maupun instansi. PANDI yang merupakan perusahaan pengelola nama domain Indonesia juga turut serta mengkampanyekan kepada masyarakat untuk menggunakan domain ID sebagai personal branding maupun company branding.

domain indonesia

domain indonesia

Seperti beberapa perusahaan besar dan berbadan resmi di Indonesia, tentu menggunakan domain ID sangat dianjurkan untuk perkembangan bisnis mereka. Karena seperti yang kita ketahui untuk mendaftarkan nama domain ID untuk perusahaan tidak semudah ketika kita registrasi dengan domain yang bukan ID, misalnya yang sering kita kenal adalah COM, NET, ORG dll. Karena untuk mendaftarkan bisnis kita dengan menggunakan domain ID ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Misalnya untuk CO.ID saja yang paling umum persyaratannya adalah harus mengirimkan kepada registar berupa SIUP, Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten, KTP dan mungkin juga ada beberapa syarat yang lain.

Tentu saja dengan adanya syarat yang wajib tersebut tidak semua orang bisa mendaftarkan dengan mudah nama domain ID. Karena harus melalui persetujuan dari pemilik badan usaha yang terkait. Nah inilah mengapa ketika ada perusahaan yang menggunakan domain ID kredibilitasnya lebih terjamin. Karena sudah pasti usahanya ada dan nyata. Apalagi yang memiliki usaha bisnis online sangat dianjurkan untuk memiliki domain ID.

Namun pertanyaannya adalah, jika domain ID dibuat dengan nama sendiri apakah bisa? Tentu sangat bisa. Saat ini juga sudah ada beberapa domain ID yang bisa diregistrasikan untuk nama sendiri. Misalnya MY.ID, ID, WEB.ID dll. Dan persyaratannyapun hanya membutuhkan KTP yang akan didaftarkan nama domain ID-nya.

Kalau perusahaan menggunakan domain ID untuk melambungkan bisnisnya, bagaimana dengan penggunaan domain ID sebagai personal branding? Apa saja manfaatnya?

Sebagai personal branding

ya saat ini mencari pekerjaan, mencari jodoh, mencari karyawan, semuanya hampir dilakukan menggunakan internet tidak lagi berburu koran ataupun memasang flyer dimana-mana. Cukup memasukkan kata kunci di situs pencarian dan hasil dari situs pencarian tersebut akan menunjukkan apa yang ingin kita dapatkan informasinya. Misalnya info lowongan pekerjaan.

Nah, untuk menarik minat perusahaan, kita bisa memanfaatkan blog dengan kepemilikian domain ID sendiri pastinya akan menarik perhatian bagi perusahaan terkait agar mendapatkan peluang interview kerja.

Nasionalisme meningkat

Jadi bukan berarti yang tidak memiliki nama domain ID tidaklah cinta tanah air atau jiwa nasionalismenya bakalan luntur. Karena memiliki domain ID bukanlah alat satu-satunya untuk menunjukkan rasa cinta dan bangga pada tanah air. Maksudnya, jika kita menggunakan domain ID tentu jiwa nasionalisme kita senidiri bakalan terbentuk dan semakin bangga menunjukkan ke pengguna internet sejagat. Ini loh kalau penduduk Indonesia sangat bangga menggunakan domain ID.

Identitas situs

Selain dari nasionalisme dengan menggunakan domain ID pastinya akan lebih memudahkan dan mendeteksi bahwa nama domain yang berakhiran dengan .id adalah situs yang berasal dari Indonesia. Tentu akan sangat memudahkan pencarian nama-nama website asli Indonesia.

domain id

Terlepas dari tarif register dan biaya perpanjangan yang lumayan agak mahal menurut saya. Namun value atau keuntungan yang didapatkan dengan penggunaan domain ID tentu tidak masalah, karena jauh lebih menguntungkan dari penggunaan nama domain yang berakhiran .com .net maupun .org dan lain-lainnya.


TAGS domain .id domain indonesia


-

Follow Me

Kolom Komunitas