Asus Zenfone 4 Mendadak Bootloop

23 Dec 2014

Sekitar 3 bulan yang lalu saya baru saja membeli handphone yang lagi nge-hits pada saat itu. Asus Zenfone 4. Menurut kabar yang beredar, kalau Asus Zenfone ini adalah smartphone murah dengan keunggulannya yang memakai processor dari intel atom. Yang mana jenis processor tersebut biasa disematkan pada notebook.

Ikut-ikutan latah akhirnya saya kepincut membeli handphone Asus Zenfone 4 yang sekarang dipakai oleh adik saya buat foto-foto dirinya ketika lagi rambutnya dikepang kuda, lidah menjulur kedalam, atau ketika sedang memakai jilbab yang nutupin seluruh wajahnya. Ya itulah anak sekolah zaman sekarang. Dulu ketika saya masih jadi pelajar teladan nan bodoh dilarang pakai handphone sama kepala sekolah.

intermezzo

intermezzo

Namun setelah 3 bulan kurang lebih pemakaian. Si Asus Zenfone 4 ini mendadak bootloop tanpa ngomong-ngomong dulu. So, apa itu bootloop? Bootloop adalah suatu keadaan dimana kamu sedang mengendarai sepeda motor dan kepalamu mendadak gatal, namun sangat merasa gagal ketika kamu ingin menggaruknya. Apalah daya…tangan tak sampai meraihnya. That’s is moment !

Oke yang benar adalah suatu keadaan dimana sistem android kamu tidak dapat melakukan booting atau start-up sehingga tidak dapat mengakses menu utama, itulah yang disebut dengan bootloop.

Setahu saya bootloop terjadi itu karena kegagalan sistem, akibat setelah proses rooting pengguna telah melakukan kesalahan. Dan kesalahan itu bisa bermacam macam sebabnya. Misalnya : Merubah font dengan font atau aplikasi perubah font yang tidak sesuai, merubah boot animations, merubah file sistem yang ada di handphone dan lain sebagainya.

Kata temen, menurut pengalamannya yang sering melakukan rooting berkali-kali. Kalau cuma sekedar rooting saja tidak akan menyebabkan bootloop, tapi kegiatan setelah rooting itu banyak yang dapat menyebabkan handphone mengalami pendarahan bootloop.

Mengingat kalau sebenarnya adik saya hanyalah seorang user biasa yang menggunakan handphone hanya untuk sekedar ber bbm-an ria, rasanya cukup mustahil jika dia dengan atau secara sengaja mengoprek-oprek tuh handphone. Bisa-bisa dia dibilang kudet. Semenit gak ganti dp bawaannya gatel melulu tuh tangan.

Menurut artikel yang saya temukan, ada 3 jenis macam bootloop. Yang kurang lebih penjelasannya seperti ini,

- Bootloop ringan : ketika handphone dinyalakan, dapat masuk ke menu utama namun hang dan restart kembali.
- Bootloop biasa : ketika handphone dinyalakan hanya mampu dan tertahan sampai di logo boot animations, namun masih bisa masuk ke menu recovery/CWM.
- Bootloop parah : ketika dinyalakan handphone hanya mampu dan tertahan sampai di logo boot animations, namun tidak dapat meng akses menu recovery/CWM.

Kalau melihat dari kasus yang di alami oleh si Asus Zenfone milik adik saya ini, termasuk kedalam kategori bootloop parah. Kenapa bisa begitu? Karena itu handphone hanya bisa muter-muter doang seperti ini,

Dibiarin sampai lebaran kucingpun bakalan tetap begitu. Kalau menurut beberapa artikel yang saya temukan. Cara memperbaiki Asus Zenfone 4 yang bootloop ini agar bisa sembuh kembali adalah dengan melakukan flash ulang. Cara tersebut belum saya coba sih, nanti kalau sudah berhasil akan saya share kembali :D.

Nah, itu berdasarkan pengalaman saya setelah 3 bulan menggunakan Asus Zenfone 4 dengan pemakain normal tanpa di oprek-oprek lagi. Apakah kamu yang punya Asus Zenfone 4 juga pernah mengalami hal yang demikian?


TAGS Asus zenfone 4 bootloop


-

Follow Me

Kolom Komunitas