Blogdetik Versi Beta Sudah Disiapkan

24 Dec 2014

Menjelang libur panjang sudah siap mau pergi liburan kemana? Kalau saya masih dalam planning sesuai rencana. Jika kamu belum segera tentukan rencana dari sekarang. Sebelum kamu hancur melihat timeline kawan-kawanmu yang lagi pada pamer selingkuhan foto-foto di instagram.

Pagi ini saya selalu mengawali aktifitas dengan baca-baca berita terbaru. Ada beberapa portal yang saya kunjungin, salah satunya detikcom. Iseng baca-baca di kanal detikhot biar gak ketinggalan hossip. Eh beneran, ternyata Kimberly sekarang jomblo lagi! (biasa aja). Pindah kanal lain, kali ini ada berita dari detikinet yang munculin berita tentang ponsel yang bisa di copot-copot seperti halnya Lego ataupun Tamiya. Hemmm… Kemudian meluncur ke detikhealth, katanya rokok itu mengandung nikotin tingkat dewa << #Penting!

Portal media online detikcom, seperti yang kita ketahui mempunyai banyak kanal lain yang mendukung induk kanalnya detik.com itu sendiri. Seperti yang sudah beberapa saya kunjungi diatas misalnya ada Detikhot portal info seputar selebriti. Detikinet, portal info seputar teknologi. Dan Detikhealth portal info seputar kesehatan. Selain yang saya sebutkan itu ada salah satu kanal yang mempunyai tagline Building Your Personal Branding, blogdetik.com. Mempunyai komunitas yang cukup besar. Komunitasnya yang kuat melahirkan banyak komunitas di beberapa regional kota lain. Saya pun menggunakan blogdetik sebagai personal blog pribadi saya, pun awalnya menggunakan karena bergabung dengan salah satu komunitasnya di Semarang, Dotsemarang. Meskipun saya jarang update blog paling tidak ini adalah salah satu blog yang cukup aktif dari yang lainnya. Sempat pernah punya blog dengan domain sendiri namun tak mampu membayar tagihan domain di tahun berikutnya. Akhirnya saya lepas dan kembali fokus ke platform blogdetik ini.

Baca juga : Apa Manfaatnya Memiliki Domain .id dengan Nama Sendiri

Semenjak situs detikcom berpindah manajemen dan kepemilikan, menjadi satu group dengan TransCorp. Banyak hal yang berubah terutama tampilan (halaman muka) dari detikcom itu sendiri. Yang dulunya merah merona sekarang menjadi biru. Tampilan site dari detik.com yang berwarna biru tersebut, juga telah menular ke kanal situsnya yang lain. Salah satunya adalah detikforum.

Penggunaan Subdomain detikcom

Beberapa kanal dari detikcom dibuatkan subdomain khusus untuk mengaksesnya. Meski sebenarnya masing-masing dari kanalnya sudah memiliki domain khusus. Contohnya saja, detikforum.com ketika diakses maka akan di redirect ke url forum.detik.com atau detikinet.com maka akan di redirect ke inet.detik.com. Namun itu tidak berlaku bagi kanal blogdetik. Dimana masih berpusat pada satu domain, yakni blogdetik.com dan tidak di redirect ke blog.detik.com. Mungkin alasannya kenapa tidak di redirect seperti kanal lainnya. Ya, kalau menurut saya pengucapannya lebih mudah jika tanpa tanda “titik”, cukup blogdetik.com saja.

Namun secara tak sengaja saya mencoba mengakses url blog.detik.com dan saya kira tampilannya bakalan satu site seperti halnya blogdetik.com. Tapi ternyata dugaan saya salah. Isi tampilan dan latar belakangnya dari url blog.detik.com adalah seperti gambar yang sempat saya screenshoot berikut ini,

blog.detik.com

blogdetik.com

Sekilas melihat desain diatas tak jauh-jauh dari tampilan yang sudah dirombak seperti induk kanalnya, detik.com dan juga detikforum.com. Ya, sepertinya blogdetik tampilannya akan bertransformasi dari yang sekarang kita kenal blogdetik.com akan segera hijrah ke tampilah yang telah disiapkan di blog.detik.com.

Menurut rekan-rekan blogger blogdetik, bagaimana menanggapi tentang tampilan blog.detik.com yang telah disiapkan tersebut? Jujur, saya sendiri baru menyadarinya. Mungkin sudah lama site blog.detik.com dengan tampilan versi beta ini ada. Sedangkan saya baru mengetahuinya :D


TAGS tampilan baru blogdetik


-

Follow Me

Kolom Komunitas