Gagal Akses Situs-situs Tertentu Ketika Memakai Kartu Internet Tri

27 Dec 2014

Beberapa hari ini saya sempat dibuat jengkel karena mau update blog selalu saja gagal ketika melakukan login. Saya kira Blogdetik yang lagi error atau mungkin sedang main tenis (baca : maintenance). Lalu sekitar 4 jam kemudian saya coba akses lagi Blogdetik lancar, namun ketika masuk ke halaman login tampilan langsung kembali error seperti sebelumnya. Saya coba mengakses situs-situs lain ternyata berhasil. Namun aneh juga ketika saya mau akses situs terjemahan dari Google juga tidak mau. Adakah yang pernah mengalami hal yang sama, seperti yang saat ini saya alami?

Kemudian saya bertemu dengan salah satu senior saya di Internet Club. Beliau mengatakan, mungkin permasalahannya ada di DNS bawaan dari kartu internet tri itu sendiri. “Coba diganti dengan DNS nya Google”, katanya. Berhubung di handphone saya tidak ada pengaturan secara defaultnya untuk setting DNS, jalan lainnya adalah melakukan setting DNS dengan melalui Terminal (Console). Nah, salah satu syaratnya sebelum install terminal, kondisi handphone harus sudah di root terlebih dahulu. Perangkat yang saat ini saya gunakan adalah Xiaomi Redmi 1s.

Merubah DNS Tri ke DNS Google

Secara default kartu tri DNS nya adalah 10.0.18.38 dan 10.0.18.42. Nah untuk merubah agar settingan DNS menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 (DNS milik Google). Maka diperlukan beberapa tahapan, dan persyaratan.

Syarat-syaratntya :
- Kondisi handphone harus sudah di root telrebih dahulu
- Install Terminal Emulator melalui Play Store atau kamu bisa download melalui link ini

Langkah - langkah untuk setting DNS yang baru,

1. Buka aplikasi terminal emulator yang tadi sudah di dwonload sebelumnya
2. Ketikkan “su(tanpa tanda petik)
3. Jika ada pemberitahuan untuk root akses pilih “Allow”
4. Lalu ketik “ndc resolver flushdefaultif(tanpa tanda kutip). Gunanya untuk menghapus DNS yang ada sekarang.
5. Kemudian ketikkan “ndc resolver setifdns eth0 8.8.8.8 8.8.4.4(tanpa tanda kutip). Fungsi tersebut digunakan untuk setting DNS baru yang pada contoh adalah menggunakan DNS Google.
6. Selanjutnya ketikkan “ndc resolver setdefaultif eth0(tanpa tanda kutip). Gunanya untuk mengaktifkan DNS yang baru saja dibuat.
7. Selesai

Kalau gambaran urut-urutannya seperti pada hasil screenshoot saya berikut ini,

Nah akhirnya setelah semua proses pembuatan DNS sukses, saya langsung tester bagaimana hasilnya. Apakah ada perubahan atau tidak. Dan benar, saya sekarang sudah bisa mengakses dashboard blog saya tanpa harus menunggu lama dan bahkan timeout seperti biasanya.

Baca juga : Flashing ASUS Zenfone 4


TAGS Tips n Trick


-

Follow Me

Kolom Komunitas