Dapat Domain Mahal Gratisannn!

31 Dec 2014

Halooo… sebelum kamu baca tulisan ini lebih lanjut. Saya mau tanya, Kamu bisa kunjungin blog ini apakah dari url fahrurahmad.id? Kalau iya, berarti benar kamu berkesempatan membaca cerita saya kenapa bisa dapat url tersebut HAHAHAHA.*rapiin kerah*

Jadi begini ceritanya. Waktu itu ada program ngeblog yang di selenggarakan oleh ictwatch.id dimana mereka sedang mencari 50 Blogger yang Peduli tentang penggunaan internet sehat. Nah disitulah saya tertarik untuk mengikutinya. Sebagai imbalan bagi 50 blogger yang terpilih, maka akan berhak mendapatkan satu domain .id. Beruntunglah saya iseng-iseng menulis tentang pemanfaatan internet sehat untuk transaksi online. Saya coba submit dan beberapa hari kemudian pihak ictwatch menegur saya untuk segera mendaftarkan domain yang saya inginkan sebelum terlambat. Dan saat itu pula saya baru nyadar bahwa saya terpilih menjadi salah satu dari 50 blogger beruntung tersebut.

Nah, kenapa saya bisa sampai di tegur? Ya, karena saya lupa tanggal pengumuman pemenang yang terpilih oleh ictwatch tersebut. Jadi ya saya gak tahu menang atau tidak. Okelah seketika saya mendaftarkan diri secepatnya. Pikir saya waktu itu boleh mendaftarkan domain dengan namaapapun.id. Karena beberapa kali saya lihat ada salah satu perusahaan domain hosting sering banget mengkampanyekan tentang penggunaan domain .id ya namabebaskerenatautidakapapun.id, yaudah saya coba mengamankan sebuah nama domain yang terlihat seperti sebuah nama perusahaan. Sebut saja nama perusahaannya bunga jadi saya meregistrasikan domain dengan nama bunga.id (sent mail).

Waiting moment

Setelah berabad-abad saya menunggu kehadiran domain dambaan saya tersebut dikirimkan ke saya. Namun sayang belum dapat kabar juga. Akhirnya saya coba hubungi pihak ictwatch terkait penerimaan domain tersebut. Bukan apa-apa sih, cuma mau mastiin aja, saya sebenarnya jadi menang atau tidak? Kalau tidak yaudah :))))

Kemudian lusa saya dapat notif email dari Qwords.com yang merupakan perusahaan penyedia domain hosting dan kebetulan bekerjasama dalam penyelenggaraan program dari ictwatch ini. Saya di infokan bahwa nama domain harus berdasarkan nama pribadi yang sesuai dengan KTP. Hemmm…ternyata daftarin domain .id (baca dot i d) tidak boleh sembarangan ya, kirain bisa makannya saya daftarin bunga.id.

Jadi di email tersebut kurang lebih menegaskan Kalau registrasi domain dot i d dengan identitas coorporate ya harus melabelkan nama perusahaan dan SIUP serta persyaratan pendukung lainnya. Kalau hanya mampu mengeluarkan KTP saja ya berarti nama domain harus sesuai KTP yang kita miliki. Nah saya jadi kepikiran, bagaimana misalnya ada orang tua yang baru mempunyai anak pertama kalinya. Dan karena kedua orang tua tersebut ingin mendokumentasikan segala tingkah polah anaknya di sebuah website khusus dengan domain .id, bagaimana jadinya? Saya boleh simpulkan berarti orang tua tersebut sangat selo sekali dan kurang niat membikinkan website buat anaknya. Cari domain lain atuh pak… bu… :)))

Mahal dan Susah

Gak tahu kenapa domain dengan berakhiran id itu cara meregistrasikannya cukup susah. Sebenarnya gak susah-susah amat sih. Kita tinggal ikut peraturan aja beres. Nah, bukan itu masalahnya, memang kita akan lebih bangga menggunakan nama domain berakhiran id. Karena secara langsung kita bisa pamer menunjukkan kepada dunia dan makhluk di luar angkasa sana bahwa ini loh saya orang keren menggunakan domain id yang paling kere kece hore.

Bukan bermaksud pamer atau bagaimana, ternyata domain saya fahrurahmad.id ini biaya perpanjangan satu tahun sebesar 454.000. Menurut saya cukup mahal dengan nilai tersebut jika dibandingkan dengan domain-domain lain yang pertahunnya bisa kita perpanjang cukup dengan harga 100-150ribu saja. Nah tenang saja, karena saya seleb pun bukan, anak soleh bukan apalagi anak solehah jelas bukan! jadi sepertinya belum ada niat buat memperpanjang domain saya ini :))). Lagian kalau mau ada yang memburu ya silahkan gak saya larang. Pertanyaannya, siapa yang mau? :D

Karena saya mendapatkan secara free hasil ikutan ngeblog dari program yang diselenggarakan oleh ictwatch jadi daripada gak manfaat ya saya fungsikan untuk di redirectkan saja ke blog saya di sini.

Oke, itu cerita saya mengenai domain gratisan yang kece ini. Jadi bagaimana? Mau ikutan daftarin domain dengan akhiran dot id juga? :)))


TAGS domain dot id


-

Follow Me

Kolom Komunitas