Menikmati Video Streaming Offline Di mana Saja Jadi Lebih Mudah

25 Jul 2016

 

Dulu, kalau kamu (single) merasa kesepian, apa yang akan kamu lakukan? Tiduran? Ahh..udah biasa, ngajakin teman main? Paling gitu-gitu aja. Lama-lama jenuh juga kan…

Mungkin di era yang serba mobile dan era internet di mana kalian gak perlu lagi nongkrong seharian di warnet cuma untuk download 1 – 2 buah lagu yang besarnya gak lebih dari 10 MB ini, tentunya dan sudah seharusnya saya, kalian dan semuanya tidak perlu lagi merasa kesepian. Terang saja, internet yang semakin lama makin ngebut ini, seharusnya kita bisa melakukan banyak hal yang mungkin justru kita jadi gak merasa kesepian lagi.

Positif negatif sudah pasti, di mana letak positifnya? Itu hanya kita sendiri yang tahu. Kalau bagi saya positifnya sekarang saya bisa belajar sekaligus bekerja di sebuah perusahaan yang berhubungan erat dengan dunia teknologi internet. Coba jika saja internet itu gak sebesar sekarang, mungkin perusahaan yang saya ikuti sekarang pun gak ada.

Baru-baru ini dan mungkin sudah lama juga ada sebuah layanan video streaming yang menyuguhkan sebuah film-film pilihan dan bisa kita akses baik melalui desktop maupun mobile. Ini hampir mirip juga dengan layanan TV cable sebenarnya. Namun, bedanya terletak pada kemudahan aksesnya. Jadi kalau layanan video streaming ini kita tidak harus selalu standby di depan televisi terus menerus.

Video Streaming

Apa saja sih keuntungannya untuk menikmati layanan video streaming ini?

  1. Pastinya bisa jadi temen pas lagi bengong dan lagi gak ada kerjaan. Ini penting banget, daripada bengong gak jelas.
  2. Kita gak perlu ngabisin memory perangkat komputer, laptop ataupun handphone
  3. Dan tentunya gak ribet karena bisa diakses dimanapun selama ada koneksi internet

“Yahh..kok pakai internet sih? Ngabisin kuota dong.”

Namanya juga online streaming, ya jelas membutuhkan koneksi internet. Namun jangan khawatir, sebenarnya layanan ini bisa tetap kita nikmatin tanpa harus terhubung ke internet. Karena sebagian dari layanan ini mempunyai fitur di mana kita bisa tetap nonton film tanpa harus terhubung dengan internet. Caranya, kita download terlebih dahulu (bukan di download yang kayak biasanya ya). Jadi kalau kalian pernah lihat iklan youtube di mana bisa mengakses video di Youtube secara offline itu sebenarnya kita download dulu, namun videonya tidak didownload ke memori internal, melainkan disimpan pada cache memory yang sifatnya temporary.

Biasanya untuk bisa memanfaatkan fitur download ini kita harus berlangganan terlebih dahulu, jika pad alayanan video streaming ini. Tapi kalau di Youtube sih gratis. Nah, untuk lebih jelasnya, pada postingan kali ini akan saya ulas secara singkat beberapa layanan video streaming yang bisa kita coba.

Netflix

Layanan Netflix ini sebelumnya sempat ramai dikalangan netizen dan cukup banyak membuat orang penasaran. Hampir semua pengguna media online membicarakannya, dan puncaknya awal tahun 2016 Netflix masuk di Indonesia, orang-orang semakin penasaran ingin mencoba berlangganan. Karena waktu itu Netflix memberikan layanan gratis selama sebulan penuh tapi sebagai pengguna harus memasukkan data kartu kredit terlebih dahulu, karena setelah itu pengguna akan diminta tagihan kurang lebih sebesar 100rb/bulan-nya.

HooQ

Sekitar bulan April yang lalu muncul layanan serupa Netflix yaitu HooQ. Dibandingkan dengan Netflix tidak ada perbedaan secara signifikan. Mungkin yang membedakan adalah penawaran promosi yang diberikan karena pengguna baru bisa menikmati layanan gratis dari HooQ ini selama 7 hari dan tanpa harus memasukkan data kartu kredit terlebih dahulu.

HooQ adalah perusahaan startup yang berasal dari Singapura didirikan sejak bulan Januari 2015 (https://id.techinasia.com/hooq-hadir-di-indonesia). Secara tariff layanannya lebih murah dibandingkan dengan Netflix. Di mana kita bisa berlangganan mulai dari 18ribuan hingga 49ribuan, dengan paket mingguan atau pun bulanan.

Iflix

15 Juni 2016 kabar resmi tentang layanan video streaming iflix beredar di Indonesia benar adanya. Dan saya baru tahu tentang Iflix ini baru-baru banget, masih anget-angetnya dah. Nah yang menarik dari Iflix ini, pengguna baru bisa menikmati layanannya secara cuma-cuma selama 30 hari dan tanpa harus memasukkan data kartu kredit terlebih dahulu. Bahkan terjemahan film nya pun jauh lebih lengkap, seperti Bahasa Indonesia, Thailand, Malaysia, juga Bahasa Inggris.  

Dan yang lebih aman lagi sih layanan Iflix ini bisa dinikmatin bagi pengguna Telkom, atau pun IndieHome. Karena antara Iflix dan Telkom sudah melakukan kerjasama, sehingga mayoritas penduduk Indonesia yang menggunakan produk Telkom tentunya masih bisa menikmati Iflix ini dengan mudah dan tentunya gak perlu repot-repot menggunakan layanan pihak ketiga seperti open VPN.

Tertarik untuk mencobanya?

 

Sumber gambar : apicasystem.com , tubefilter.com


TAGS video streaming Internet


-

Follow Me

Kolom Komunitas