Review A1 Smartwatch : Fitur Standar Terima Notifikasi dari Smartphone

29 Jul 2016

Awalnya iseng beberapa kali sempat ikutan nongkrongnya komunitas Bukalapak Jakarta. Tiap kali kopdar, diskusinya tak jauh-jauh dari seputar barang dagangan mereka. Saya pun selalu tertarik untuk menyimaknya, karena ingin tahu juga tentang perkembangan pasar sekarang ini. Di tengah-tengah diskusi yang sedang berlangsung, salah satu seller menceritakan pengalamannya menjual smartwatch yang menurut ceritanya tiap hari selalu laris manis kayak kacang goreng.

Saking penasarannya dengan smartwatch ini, akhirnya pun saya tergoda juga untuk membelinya. Meski sebenarnya trend smartwatch ini sudah berlangsung cukup lama, kira-kira sudah sekitar setahun yang lalu mungkin.

Salah satu alasan yang sebenarnya cukup menambah penasaran saya untuk membelinya adalah banyaknya minat pasar yang cukup luar biasa. Di mana menurut ceritanya, si seller yang menjual smartwatch ini menceritakan penjualannya yang setiap hari yang gak ada habisnya. Bahkan dirinya sering kehabisan stock barang. (sambil nunjukin statistik penjualannya)

Sebagai informasi dan untuk mengawali review dari smartwatch yang saya beli ini adalah A1 Smartwatch. Produk China yang range harganya berkisar 230-250ribu.

Paket Kemasan

Untuk paket kemasan A1 Smartwatch ini terdiri dari 1 unit smartwatch, box, kabel usb, dan manual book. Bisa cek pada gambar di bawah ini

 

 

Desain

Secara desain sebenarnya menyerupai desain-nya apple watch, terlihat lebih simple dan elegan. Tidak terlalu banyak tombol seperti beberapa smartwatch keluaran china lainnya.

Bahan Material

Terkait materialnya sendiri saya kurang begitu tahu detil bahannya apa, namun secara kasat mata untuk strap nya sendiri berbahan dasar karet. Untuk pengait dan list samping bagian layar sepertinya terbuat dari bahan stainless.

UI/UX

Saat dicoba menyalakan untuk pertama kalinya, kesan dari produk China nya sudah sangat terlihat, baik dari animasi dan nada pembukanya. Karena ini adalah pertama kalinya saya menggunakan smartwatch, jadi belum pernah ada pengalaman pribadi terkait UI/UX nya secara mendetail. Namun, yang jelas untuk tampilan interfacenya cukup bersahabat dan mudah dipahami. Layar touchscreen-nya pun juga tidak lambat. Seperti yang mungkin kita ketahui kebanyakan beberapa handphone produk china layar sentuhnya cenderung melambat. Tapi untuk smartwatch ini bisa dibilang cukup responsive.

Fitur

Dari sisi fitur sebenarnya smartwatch ini sama halnya dengan fitur umum smartphone yang ada saat ini. Memiliki slot sim card, ada slot memory card-nya juga. Jika diisi dengan sim card, smartwatch ini bisa langsung digunakan untuk telfon dan sms sama seperti handphone. Yang membedakan hanya bentuk dan ukurannya dibuat lebih kecil saja, dan tentunya lebih ringan karena memang didesain layaknya jam tangan pada umumnya. Mungkin yang bikin saya tertarik dengan produk smartwatch adalah notifikasinya.

Jadi, buat yang belum tahu, apa sih yang ditawarkan oleh perangkat smartwatch tersebut?

Secara harfiahnya smartwatch ini dibuat dan ditujukan untuk beberapa orang yang memiliki aktivitas dan kesibukan tingkat tinggi. Sehingga tidak selalu bisa selo untuk menggenggam handphone nya setiap saat. Karena perangkat smartwatch ini membantu memberikan notifikasi setiap ada aktivitas baik telfon, sms, email, chatting, atau notifikasi lainnya yang berasal dari smartphone yang kita miliki. Namun seiring berjalannya waktu fungsi smartwatch tersebut mulai bergeser menjadi sebuah lifestyle :)

Informasi tambahan, smartwatch ini bisa disinkronisasikan dengan perangkat Android dan iOs. Namun secara dukungan software lebih berjalan secara maksimal di Android. Karena nantinya jika kamu memiliki perangkat smartwatch ini kamu akan membutuhkan sebuah aplikasi untuk manajeman notifikasi dari perangkat smartphone, namanya Mediatek SmartDevice. Dan saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia di Andorid. Tapi untuk kebutuhan notifikasi secara umum misalnya menerima telfon atau pun membaca sms di perangkat iOs sudah bisa berjalan dengan baik.

Saya membeli smartwatch ini secara online, bagi yang tertarik untuk melihat video Unboxing A1 Smartwatch ini silahkan tonton video berikut


TAGS Review A1 Smartwatch Gadget Technology


-

Follow Me

Kolom Komunitas